Thursday, November 6, 2008

Inovasi dari New Honda Tiger

Ketika kompas.com menampilkan acara peluncuran New Honda Tiger kemarin (5/11), banyak yang berkomentar. Intinya, "Sayang, kok cuma ganti baju saja." Johannes Loman, Marketing Drirector PT Astra Honda Motor (AHM) menegaskan, kalau ganti mesin (250 cc) harganya akan mahal."

Walau hanya ganti baju, model yang dipakai mengikuti tren global. Boleh dibilang desain fiturnya "out of the box" atau trendsetter di kelasnya. Paling mencolok pada rancangan lampu depan yang asimetris (Asymmetric Headlight) dengan visor yang aerodinamis. Selain tampil keren dan bergaya motor gede (moge), fungsi lainnya mengarahkan pergerakan angin untuk meminimalkan tahanan udara.

Panel instrumen yang mengikuti kontur visor masih tergolong biasa. Kecuali menggunakan sistem digital, tentu turut melengkapi terobosan inovatif.

Ubahan lainnya, tampak pada tangki bahan bakar. Tampilannya lebih gagah dengan diberi pelindung pada bagian ujung yang menyatu dengan lekukan buat dengkul pengendara. Sehingga membuat bentuk tangki menjadi lebih besar dari kapasitasnya.

Selain tangki, knalpot diberi pelindung panas (muffler cover) dengan desain yang baru. Terakhir, model lampu belakang, perpaduan single bulb dan LED pada lampu berhenti yang dilengkapi multireflektor dan clear lens.

Untuk spesifikasi mesin yang berkapasitas 200 cc, 4-Tak 6 speed maupun dimensinya masih sama dengan model sebelumnya. Termasuk mesin yang ramah lingkungan dengan dilengkapi SASS (Secondary Air Supply System) sebagai standar baku Euro 2.

No comments: