Saturday, November 29, 2008

Honda XL700Translap Ramah Lingkungan Ganas Segala Medan

Dari modelnya, Honda XL 700V Transalp 2008 dilahirkan untuk menembus segala medan. Kalau lebih diteliti lagi, motor yang mengusung mesin 680 cc ini diutamakan untuk menerjang jalanan off-road. Karena, tongkrongannya saja sangat tinggi dan ini diakui si pemiliknya, Alexander Lunardi yang harus menjinjit kalau menaikinya.

Ciri khusus motor off-road tampak dari body protectornya. Tidak Cuma tangki bahan bakar yang separuh ke depan dilindungi oleh tameng yang membentuk hurup “V” agar pas dengan posisi dengkul. Ujung tameng (ke bawah) ini menyatu dengan pelindung bagian bawah mesin.

Saat bermanuver di jalanan bebatuan, usah takut bagian mesin penyok dihantam batu. Kalau pun harus melewati jalanan penuh rerimbunan pohon, kesepuluh jari tangan sudah dilindungi.

Bila ayunan motor dirasa terlalu keras atau kelewat empuk, sokbreker belakang bisa diatur dengan gampang. Melalui celah kecil di bodi samping kiri, bisa memasukkan obeng min dan memutar sesuai yang diinginkan. Putar ke atas untuk lebih keras dan ke bawah untuk lebih soft.

Asyiknya, XL 700V ini dilengkapi teknologi canggih. Karena tenaganya yang gede, sistem penghenti laju tak Cuma mengandalkan rem cakram semata. Di mana untuk depan cakram ganda plus belakang juga cakram, tapi dilengkapi dengan teknologi ABS (antilock braking system). “Kalau sudah ABS p-asti tenang deh melintas di jalanan jelek,” terang pemilik Bintang Motor, dealer Honda, ini.

Yang dibanggakan sang pemilik, selain bentuk, sekalipun tenaga besar namun motor ini ramah lingkungan lantaran sistem bahan bakarnya injeksi. Tak Cuma itu, pada motor ini ada kotak dekat lengan ayun (swing arm) yang menjadi tempat sel-sel katalisator yang bisa mengurai atau mengurangi gas berbahaya seperti CO, HC dan NO. Rancanngan ini untuk memenuhi standar Euro3.

Jangan coba-coba memalsukan kunci Honda Transalp ini. Pasti nggak bakal jalan karena dilengkapi teknologi Honda Ignition Security System (HISS). “Adanya sensor antara anak kunci dengan rumahnya, sehingga kalau dijiplak sekalipun nggak bakal jalan motornya,” cerita Lunardi. Canggih ya? (Nurfil)

SPESIFIKASI TEKNIK
Mesin : 4-Tak 8 valve SOHC 52° V-Twin
Diameter x langkah : 81 mm x 66 mm
Kompresi : 10:1
Kapasitas : 680 cc
Sistem bahan bakar : PGM-FI
Kapasitas tangki : 15,5 liter
Kopling : Basah, multiplate
Transmisi : 5 tingkat
Gear Ratio : (1) 2,500 (35/14)
(2) 1,722 (31/18)
(3) 1,333 (28/21)
(4) 1,111 (30/27)
(5) 0,961 (25/26)
Wheelbase : 1.515 mm
Panjang : 2.250 mm
Tinggi : 1.305 mm
Ground clearance : 177 mm
Ban depan : Bridgestone 100/90-19
Ban belakang : 130/80-17

No comments: