Thursday, October 9, 2008

Gladiator Merah dari Jepang

Buell Hot Dock HR4V dari Jepang ini dijumpai ketika mengikuti contezt di Kuala Lumpur, Malaysia. Buildernya, Keiji Kawakita dari Hot Dock Custom Cycles Jepang pernah bersua dengan wartawan Motor Plus di negeri jiran tahun lalu. Ia sangat terbuka bicara soal motor kebanggaannya.

Termasuk garapannya kali ini, Buell Hot Dock berkarakter jap’s bike aliran modern murni. Ia punya standar untuk memasok sasis aluminium, lengan ayun ala boxed demi mengejar kekuatan dan bobot yang ringan. Trus, suspensi belakang dipilih supercanggih produk WP dan roda sporty dengan ukuran yang berbeda depan dan belakang.

Bentuk dasarnya, Keiji gandrung motor kesayangnan legendaris stunt rider Evel Kneivel lewat tunggangan H-D XR 750 yang dianggapnya sebagai modernisasi ( yang dibidik adalah mesinnya) dari XR. Namun karena dapur pacunya sudah kurang sip, ia menggantikannya dengan mein pilihan Buell yang dimodifikasi ala Hot Dock dengan tipe HR4V.

Yang mengagumkan, rumah modifikasi ini tak melulu membangun bodywork. Mulai piston, kem, kabrurator dan beberapa elemen penting mesin dibuat oleh Keiji dan timnya. Dan bengkelnya memang spesialis membuat part racing untuk Harley Davidson. “Inspirasinya memang dari road race, drag race dan dirt track,” jelas Keiji yang sangat ramah itu.

Roh motor racing memang menonjol dari segi detail. Sasis aluminium yang berkarakter kalem terasa di seluruh bagian. Back-bone didesain menyatu dengan tangki dan terus ke belakang sangat sinergi dengan jok single seater ala streetfigher.

Begitu juga bagian down-tube yang dibuat sangat rapat dengan mesin. Makin sip, ia memilih rake 27 derajat dengan sok depan asli buatan Hot Dock. ”Handlingnya dijamin enteng dan pede menaklukan jalanan di Tokyo,” jelasnya.

No comments: