Saturday, October 11, 2008

The Real Muscle Suzuki Thunder

Bikin tampilan motor jadi kekar atau berotot, biasanya dilakukan para builders dengnan mengaplikasi rangka deltabox. Bisa dibentuk sekedar tempelan, berbahan pelat besi atau dari fiberglass. Tapi tidak demikian yang dilakukan Wiryadi Kurniawan alis Ajie terhadap Suzuki Thunder 250 bikinan 2000 milik Tike Sukrani, warga Pejaten, Jakarta Selatan ini.

Pemodifikator dari Fajar Makmur di Jakarta Barat itu sengaja tidak membuat deltabox. “Kita ambil langsung limba Suzuki RGV 250 biar kesan garangnya benar-benar terasa,” komentar Wiryadi, yang sebenarnya asli tukang servis AC dan peralatan rumah tangga.

Cukup cerdas Aji Thunder – sapaan akrab Wiryadi – memilih bahan limbah untuk mengejar bentuk ideal. “Sambil membidik arah bentuk GSR600, bodi dibentuk harmonis,” tambah Ajie. Simak tangki bensin yang gendut karyanya yang idenya dari GSR600 yang dilengkapi dengan sein di kiri dan kanan dengan mencomot punya Honda Supra X 125 yang dinilai cocok dan lumayan mirip.

Selain bodi, untuk kaki-kaki juga diambil dari moge. Seperti lengan ayun dipilih dari Yamaha R6 sehingga betul-betul menonjolkan otot yang kekar. Pemasanngannya tidak sulit, tinggal menyesuaikan dudukan pada swing arm. “Satu perangkat lengkap dengan Unitrack dipasang sempurna,” jelas Wiryadi.

Kreativitas Aji yang patut dipuji tampak pada pemasangan lampu depan. Meski Cuma dari Satria F150, secara estetika cukup menarik. Knalpot dibentuk lagi agar disesuaikan dengan silincer moge dari Jepun.

Bodi dan kerangka sudah dibikin gambot. Menjadi aneh tongkrongannya kalau tanpak mesin masih yang standar. Aji tak kehilangan akal, bagian bawah ditutup dengan airscoop, mesin dibuat lebih mekar dengnan menambah oil-cooler yang dicomot dari Suzuki Satria F150.

DATA MODIFIKASI
Ban depan : Batllax 120/70x17
Ban belakang : Battlax 180/55x17
Pelek : Suzuki GSX1000
Lengan ayun : Yamaha R6
Lampu sein : Honda Supra X125
Fajar Makmur : 0813-1132-9254

No comments: