Wednesday, June 11, 2008

Casey Stoner Pimpin GP Catalunya

Pembalap Australia Casey Stoner, yang mengendarai motor Ducati, berhasil merebut posisi pul untuk lomba MotoGP Catalunya pada hari Minggu ini di Barcelona, Spanyol.

Stoner merebut posisi pul pertama setelah hari Sabtu (7/6) mencatat perolehan waktu tercepat 1 menit 41,186 detik sesudah menyelesaikan satu putaran sepanjang 4,727 kilometer di Sirkuit Montmelo, Barcelona.

Stoner lebih cepat 0,83 detik daripada pembalap Spanyol yang mengendarai motor Honda, Dani Pedrosa, yang merebut tem- pat kedua tercepat. Tempat ketiga diraih rekan satu tim Pedrosa, pembalap Amerika Nicky Hayden.

”Ini merupakan kejutan. Kami beruntung dengan pemilihan ban, tetapi sebenarnya dalam lomba ban ini jauh lebih cepat,” ujar Stoner seusai kualifikasi waktu. Dia merupakan satu-satunya pembalap yang menggunakan ban Bridgestone.

Sementara itu, pemimpin klasemen pembalap Valentino Rossi harus puas di urutan kesembilan. Pembalap Italia yang menggunakan motor Yamaha ini mencatat waktu tercepat 1 menit 42,429 detik. Lomba di GP Catalunya ini semula akan diperkirakan bakal menjadi duel antara Stoner dan Rossi. Stoner adalah juara bertahan pada tahun lalu.

”Tahun lalu saya dikalahkan Casey dan saya sama sekali tidak bisa menyusul dirinya,” kata Rossi yang tercatat menjadi juara di tiga lomba terdahulu.

Rossi menjuarai lomba di China, Perancis, dan Italia. Sukses terakhirnya di Italia adalah sukses ketujuh Rossi di kandang sendiri.

Menyinggung lomba di GP Catalunya, Rossi mengatakan selalu ada kemungkinan untuk menang. ”Tahun ini persiapan motor maupun ban mengalami kemajuan pesat. Jadi saya pikir kami telah menyiapkan semuanya dan kami sangat termotivasi dan susah dikalahkan,” tutur Rossi.

Casey Stoner menilai Sirkuit Montmelo di Barcelona sebagai salah satu sirkuit idamannya. Namun, dia kini melihat sirkuit itu lintasannya mulai bergelombang karena juga dipakai untuk latihan balap mobil Formula Satu.

Dani Pedrosa yang lahir 20 kilometer dari sirkuit yang menjadi ajang lomba itu mengatakan akan menguras seluruh kemampuan untuk bisa jadi nomor satu. Lomba MotoGp kali ini tidak menyertakan Lorge Lorenzo yang cedera sewaktu latihan pada hari Jumat.

No comments: