Wednesday, June 11, 2008

Coba Rebut Pasar Bebek, Bajaj Luncurkan XCD 125

Setelah sukses dengan produk Pulsar DTS-i 180 cc dan 200 cc, PT Bajaj Auto Indonesia (BAI) kembali meluncurkan produk sepeda motor terbaru XCD 125 DTS-Si dengan menawarkan teknologi terbaru yang diklaim lebih efisien dalam pemakaian bahan bakar. Peluncuran motor berkapasitas 125 cc yang dilakukan di Grand Hyatt, Jakarta, Selasa (10/6) ini diharapkan dapat mengikuti jejak Pulsar, yang hingga saat ini telah laku terjual 15.000 unit.

Brand Manager Bajaj Auto Indonesia, Apong Arfiansyah mengatakan Bajaj XCD 125 DTS-Si coba mengambil pasar sepeda motor jenis bebek dengan berusaha memberikan kenyamanan terhadap pengendara yang sudah terbisa menggunakan sepeda motor tersebut. "Kita coba mengambil pangsa pasar sepeda motor jenis bebek yang saat ini berkembang cukup pesat. Tiap bulannya penjualan mencapai 200.000," ujar Apong. Untuk memenuhi target itu, pihak BAI menghargai produk barunya Rp 13,5 juta.

Bajaj XCD 125 DTS adalah produk entry sport yang ditujukan bagi pengendara yang berjiwa muda dan mengerti akan nilai ekonomis sebuah kendaraan sport. Uji coba 10 unit kendaraan yang telah dilakukan selama tiga bulan sebelumnya, menunjukkan pengggunaan bahan bakar pada kendaraan ini tergolong irit yakni mencapai 65 hingga 75 persen untuk ukuran kendaraan sekelasnya (125 cc).

XCD 125 DTS menggunakan mesin teknologi terbaru dari teknologi DTS-I yakni teknologi digital twin spark induction atau DTS-Si. Saat ini, sudah lebih dari 3,5 juta kendaraan yang menggunakan mesin digital twin spark, di mana teknologi ini mengutamakan keseimbangan power dengan efisiensi konsumsi bahan bakar. Teknologi inilah yang memungkinkan pembakaran di dalam mesin lebih cepat dengan gerakan pembakaran seperti turbulensi sehingga pembakarannya menjadi sempurna.

Sementara itu, komponen-komponen mesin DTS-Si terbuat dari material yang memiliki daya tahan dan direkayasa guna menahan tekanan pembakaran yang lebih tinggi yang disebabkan tingginya turbulensi dan cepatnya pembakaran.

Dengan teknologi ini, Bajaj XCD 125 DTS-Si menawarkan produk yang memiliki performa mesin 125 cc namun irit bahan bakar dengan tenaga maksimum 9.53PS pada 7000 rpm dan torsi maksimum 10.85 Nm pada 5000 rpm.

XCD 125 DTS memiliki penampilan yang kokoh dan garis bodi yang kuat. Speedometer sudah sistem digital, LED tail lamp, dan headlamp dengan sistem DC dan prismatic pilot lamp. Pada bagian suspensi depan, bajaj XCD memakai Telescopic (125mm travel) dan belakang memakai swing arm dengan 5-step adjustable dan shock absorbed dengan spring ganda tipe 'SNS' (Spring n Spring).

Kini, Bajaj XCD 125 cc DTS-Si ini tersedia dalam empat pilihan warna yakni long beach blue, cocktail red, silver chrome, dan jet black.

No comments: