Saturday, October 10, 2009

Motor Listrik Kanopi Ala BMW

Peugeot pernah memperkenalkan sepeda motor beroda tiga dengan dua tenaga penggerak, yaknik mesin bensin dan motor listrik. Kini, giliran pabrikan mobil asal Jerman, BMW, membuat prototipe motor berkanopi yang diberi nama C1-E Concept.

Sebenarnya, BMW sudah melepas produk C1 bertipikal skuter pada tahun 2000. Penjualan mampu mencapai 10.000 unit pada tahun pertama peluncuran. Namun, pemasaran pada tahun berikutnya anjlok dan memaksa produksi diberhentikan.

Nah, motor terbaru dari BMW ini merupakan pengembangan lanjutan dari C1 tersebut. C1-E Concept mengaplikasikan motor listrik dengan tenaga yang berasal dari baterai lithium-ion. Juga terdapat mesin bensin dengan pembakaran minim. Namun sayang, besaran tenaga dan torsi tak diinformasikan lebih lanjut oleh pabrikan.

Sambil menunggu kegiatan produksi berlangsung, melalui skuter listrik berkanopi ini, BMW akan berupaya menciptakan tren baru, yakni dengan konsep kendaraan urban yang lebih aman dan tahan terhadap semua cuaca.

Pengemudi mengenakan sabuk keselamatan empat titik. Selain itu, roll-bar dibuat melintang di bagian depan kendaraan untuk menyerap benturan saat terjadi tabrakan. Yang paling menarik, windscreen (kaca penghalang angin) didesain terintegrasi dengan kanopi guna melindungi pengemudi dari terik matahari dan air saat hujan tiba.

Dalam pengembangan produk ini, BMW melibatkan European Safer Urban Motorcycling, sebuah tim gabungan antara BMW, Piaggio, dan Pemerintah Kota Barcelona, London, Paris, Roma, dan beberapa universitas di Eropa.

1 comment:

Blogger said...

Quantum Binary Signals

Professional trading signals sent to your cell phone daily.

Start following our trades right now and profit up to 270% per day.