Monday, April 7, 2008

Harga Kawasaki Ninja ZX 250 = 43 Juta, Termasuk Murah Lho!

Harga tersebut bisa dibilang Murah untuk kelasnya !

Mungkin harga segitu bagi sebagian orang dianggap terlalu mahal. Mengingat motor sport lokal yang paling populer di tanah air semisal CBR 150 ataupun Kawasaki Ninja 150 RR hanya bermain di kisaran 32-35 juta rupiah. Tetapi sebenarnya harga segitu serasa sangat wajar apalagi di bandingkan motor sport ringan eropa semisal Cagiva Mito 125 yang dibandrol 49 juta otr.

Di Amerika di bandrol US $3500 - Indonesia Rp 43 Juta

Dengan kurs 1 dolar = 9300 rupiah maka harga Ninja ZX 250 sekitar 32,5 juta rupiah. Harga tersebut belum termasuk shipping cost, pajak bea masuk, PPN 10%, pajak balik nama dan PPH sebesar 2.5%. Sebagai perbandingan jika motor besar alias di impor langsung maka harga motor dikali 20% baru bisa mendapat harga on the road. Kalau istilah pedangan berati KMI sendiri tidak mengambil keuntungan terlalu besar. Terlebih sebagai ATPM KMI harus mempersiapkan berbagai infrastruktur semisal pendidikan terhadap mekanik dan suply spareparts. Berarti memang harga 43 juta tersebut bisa di bilang sangat murah.

Jangan anggap remeh versi Karburator !

Meski versi Ninja Zx 250 yang masuk ke Indonesia adalah versi Karburator, bukan injeksi tetapi sebenarnya hal ini justru dipilih karena akan memberikan kemudahan bagi para konsumen. Meski dikatakan memiliki tenaga sedikit lebih besar tetapi sebenarnya keuntungan tersebut tidak signifikan. Disamping dalam perawatan lebih rumit harganya pun lebih mahal. Hal ini juga dibenarkan oleh Bin Bin mekanik Ducati dari tim Paddock 40 bahwa untuk kegunaan harian justru motor sport yang menggunakan karburator justru lebih effisien dibanding yang menggunakan system injeksi. Sebagai tambahan di saat terjepit hampir semua bengkel mampu memperbaiki mesin dengan menggunakan karburator dibanding mesin injeksi yang lebih rumit.

No comments: