Monday, April 7, 2008

Pakir Khusus “Motor Besar” di Loby, Syaratnya Apa ?

Parkir Khusus “Motor besar” di Loby Hotel / Mal

Hampir di setiap mal yang berkategori Hi-end semisal Plaza Senayan, Pondok Indah mall 2, Citos hingga Senayan City kita sering melihat tanda “Parkir Khusus Motor Besar” yang terletak di loby utama ataupun di depan Cafe Bean. Namun sering kali juga kita mendapati motor berkapasitas 125cc semisal Cagiva Mito atapun Aprilia RS 125 diparkir disitu. Bahkan seringkali juga kita mendapati jejeran Vespa Corsapun ikut diparkir di lokasi tersebut. Sebaliknya belum pernah saya melihat motor seperti Thunder 250 yang diparkir di lokasi tersebut. Sehingga menimbulkan pertanyaan, sebenarnya motor yang seperti apakah yang berhak di parkir di tempat khusus terebut.

Lebih Tepatnya di Sebut Parkir Motor Eksotis berukuran Besar

Yap, mungkin tepatnya parkiran motor yang berada di loby tersebut sebaiknya di sebut parkir khusus motor eksotis berukuran besar. Karena pada dasarnya sebutan “Motor Besar” itu sendiri memiliki makna bias. Karena motor akan dianggap berukuran “besar” dari sisi mananya? Apakah dari kapasitasnya atau dari ukuranya? Ambil contoh Aprilia RS125 dibandikngkan Ducati 1098, kapasitas mesinya terpaut 975cc tetapi dari segi ukuran Ducati 1098 tidak lebih besar dari Cagiva Mito. Belum lagi kategori “Motor Besar” itu sendiri. Apakah 250cc itu besar? Ataukah Motor berkapasitas 400cc sudah cukup dianggap sebagai motor besar? Sehingga sebaiknya sebutan parkiran khusus tersebut di sebut sebagai parkiran khusus “motor eksotis” dibanding di sebut parkir khusus motor besar. Nampaknya bila demikian hak istimewa tersebut bisa jadi juga dimiliki Kawasaki Ninja ZX 250, meski kapasitanya hanya 250cc namun ukuranya yang cukup besar bisa menjadi “surat ijin” parkir di loby mall tersebut.

Disamping menambah gengsi Mall tersebut, juga menghindari tangan Jahil

Konon pihak manajemen mal tersebut memiliki alasan baik strategis maupun oprasional. Sebagai alasan strategis menurut salah satu karyawan mall tersebut dengan kehadiran motor motor eksotis tersebut selain mampu menarik perhatian pengunjung lain, secara tidak langsung dapat menaikan status mall tersebut. Untuk alasan oprasional sering terjadi kejadian dimana motor tersebut di rusak alias dibaret bahkan samapi ad yang kaca spionya di copot saat di parkir di parkiran motor yang terletak di basement. Menghindari terulangnya kejadian tersebut nampaknya manajmen mall menerapkan peraturan tersebut. Belum lagi sulitnya akses ke dalam parkiran khusus motor seperti yang ada di plasa senayan, bila menggunakan motor berukuran besar dan lebar semisal Goldwing, Multistrada ataupun Electraglide. Jangankan untuk memarkir motor yang sudah sangat sempit untuk masuk kedalam parkiranpun sudah merupakan usaha yang melelahkan. Sehingga tidak heran hampir di seluruh Mal Hi-end tersebut memberikan fasilitas parkiran khusus untuk motor berukuran besar dan eksotis tersebut.

No comments: