Sunday, April 6, 2008

ROSSI SIAP PENCUNDANGI STONER

Kembali ke Sirkuit Sepang, Malaysia (5-7/2), Valentino Rossi membuat kemajuan besar setelah menjalani tes panjang. Motor Yamaha YZR-M1 2008 maupun ban Bridgestone yang dipakainya bekerja sesuai harapan. Ini pertanda ia siap menyaingi Casey Stoner.

LORENZO DIKRITIK
Rossi bilang kalau ingin bertarung dengan Stoner dalam perebutan gelar, kualitas motornya harus seperti saat dites ini. “Sebab dia dan motor Ducati-nya sangat kencang dan kami tak ingin tertinggal di belakang,” jelas Rossi yang tercepat dalam 2 hari tes tersebut.

Dalam kesempatan itu, Rossi mencoba berbagai macam ban Bridgestone hingga didapat yang sesuai. Tim banyak melakukan pengerjaan pada motor, seperti setelan suspensi dan electronic mapping. Ia juga banyak berlatih start yang menurutnya bagian ini harus ada peningkatkan. Rossi memang kerap tertinggal saat start.

Pembalap Italia itu bisa berkata seperti tadi, karena membandingkan uji coba Januari lalu ketika Stoner berada di depannya. Sayangnya, tes ini hanya diikuti 5 pembalap dari 3 tim. Stoner tidak ikut, tetapi mereka akan saling berhadapan di Sirkuit Jerez (16-18/2) mendatang.

Sementara itu, general manager engineering operations Yamaha, Masao Furusawa meminta rekan setim Rossi, Jorge Lorenzo, mengubah gaya membawa motornya. Posisi duduk juara dunia GP 250 cc dua kali itu agak ke belakang. Beda dengan gaya Rossi dan Colin Edwards.

Tim memodifikasi sedikit bentuk tangki, akibatnya distribusi berat agak beda dari motor standarnya. Jadi bukan karena masalah ban Michelin yang dipakai Lorenzo, jika dibanding motor Rossi yang pakai Bridgestone. “Problem utama di bagian depan motor, ketika masuk tikungan motor tidak stabil dan juga sedikit bergetar,” kata Lorenzo yang tak bisa mengalahkan waktu sebelumnya pada tes Januari lalu.

Jika masalah gaya bawa motor bisa diatasi, tim Fiat Yamaha semakin percaya diri menjalani balapan 2008.

No comments: