Monday, April 7, 2008

Kawasaki Ninja ZX 250 VS Honda Crossover / CS1 - Heboh Mana ?

Beda Segmen, Beda Pasar namun yang mana lebih hebat ?

Begini, untuk membandingkan ke dua jenis motor tersebut tidak bisa dilakukan dengan membandingkan melalui statistik ataupun jumlah penjualan. Namun yang menjadi tolak ukur adalah perbandingan penawaran kedua produk melalui Desain, Teknologi, Performa sampai posisi mereka terhadap produk lain yang bermain di segmen serupa.

Honda Crossover / CS1 / Motor Impian

Secara desain, jelas motor ini merupakan sebuah trobosan. Kerena menggabungkan antara desain Hyper Underbone, Skutik dan Bebek Konvensional. Tetapi segmentasi motor ini sendiri berada di tengah-tengah antara motor Hyper Underbone semisal FU 150 dan Jupiter MX atau di posisikan bersaing dengan Skutik Skywave. Namun tidak menutup kemungkinan produk “nyeleneh” ini akan menggangu pasaran motor sport dan cruiser semisal Bajaj Pulsar 180, Vixion bahkan saudaranya sendiri GL Pro. Hal ini dimungkinkan dengan kisaran harga yang serupa.

Secara Teknologi sebenarnya tidak ada trobosan dibanding motor yang telah beredar di pasaran, namun bedanya motor terbaru Honda ini mampu mengakomodir beberapa keperluan sekaligus hanya dengan menggunakan sebuah produk. Sepertinya Hal ini merupakan sesuatu yang luar biasa. Menjadi sebuah alternatif maupun sebuah produk “Kompromi” paling tepat.

Kawasaki Ninja ZX 250

Mesin 2 silinder 4 tak, frame deltabox, full fairing, tenaga besar dan desain futuristis. Sepertinya ini justru yang pantas diberi gelar “motor impian” karena hampir semua fitur yang di dambakan bikers di tanah air ini terdapat pada motor ini namun kekuranganya adalah harga motor ini yang dipator diatas 45 juta rupiah. Artinya segmentasi pasar motor ini adalah kalangan menengah - atas. Tetapi tidak tertup kemungkinan bahwa motor ini tetap akan menyemut di jalan raya seperti halnya Honda -CBR 150 dan Kawasaki ZX 150, hal ini dimungkinkan karena Kawasaki ZX 250 ini hanya terpaut tidak lebih dari 10 juta rupiah dibanding 2 motor yang disebut lebih awal. Di segmen tersebut sepertinya Kapasitas+Performa mesin 2 silinder dapat dikompromikan dengan harga yang relatif masuk akal.

Kesimpulanya : Honda Crossover lebih “Kompromi” tetapi Kawasaki ZX 250 lebih “heboh”

Desain kompromi ala Honda Crossover di pastikan mampu meraih pasar sekaligus menghancurkan pasar Yamaha. Tetapi segala trobosan maupun fitur yang di impikan bikers tanah air justru terdapat pada Kawasaki ZX 150 ini. Sehingga gelar “motor impian” justru lebih pantas diberikan kepada Kawasaki Ninja ZX 250 ini meski gelar “penguasa pasar” tetap akan jatuh kepada Astra Honda Motor!

No comments: