Thursday, August 7, 2008

Lazareth Triazuma Perkasa di Jalan Lurus

Soal modifikasi nyeleneh, Prancis jangan dipandang remeh. Seperti motor roda tiga alias trike bikinan Ludovic Lazareth yang dinamainya Lazareth Triazuma (LT). Kesan sportnya teramat menonjol lantaran basis bodi merunut pada desain Yamaha R1.

Memang, sistem gerak roda depannya masih kalah canggih dengan MP3 250. Itu, lo, Vespa tiga roda yang dipamerkan di IIMS 2008 lalu dengan harga sekitar Rp 110 juta. Ketika membelok, kedua roda motor bikinan Piaggio ini bisa dimiringkan secara bersamaan sesuai arah tikungan.

Beda dengan Lazareth, bikinan pemodifikator Prancis ini tidak bisa miring kala manuver di tikungan. Bisa dibayangkan, mesin 998 cc memuntahkan tenaga 100 dk, sungguh berbahaya. Meski di Amrik, tenaga sebesar itu masih di bawah batasan motor 170 dk yang beseliweran di jalanan di Negeri Paman Sam.

Namun sang pencipta, Ludovic pintar mengelak,”Motor ini dirancang berdasarkan sesama trike juga, yaitu Quadrama yang di Amerika tidak mendapat homologasi,” jawabnya. Sementara LT, lanjutnya, mendapat homologasi sesuai untuk Prancis dan Emirat Arab.

No comments: