Monday, December 22, 2008

Vega ZR: Selain Wajah, Mesin Juga Berubah

Namanya menjadi Vega ZR. Penampilan dan sosoknya sedikit berbeda dengan pendahulunya, Vega-R DB. Perbedaan paling mencolok adalah wajah depannya. Ini terlihat pada lampu depan dan sein serta warna tutup depan (front cover). Yamaha juga mengubah grafis bodi plus fontVega ZR” menjadi berbeda dibandingan versi sebelumnya.

Perubahan lain dilakukan pada spidometer, mesin, desain jok, dan tambahan selang antibanjir pada karburator. Juga ada perubahan pada desain lampu belakang dan penempat kunci, dipindahkan di bawah lampu belakang.

Dengan perubahan ini, harga Vega ZR lebih mahal sekitar Rp 300.000 dibandingkan dengan R (dari versi sama untuk rod: jaring-jaring atau cast wheel). Dipastikan, ZR akan menggantikan kehadiran Vega R yang sekarang ini masih dipasarkan oleh Yamaha, seharga Rp 11.500.000.

Berdasarkan spesifikasi yang dikeluarkan Yamaha, ZR lebih panjang 40 mm dibandingan versi sebelumnya (890 mm) dan lebih tinggi 15 mm (sebelumnya 1.030 mm). ZR juga jadi lebih rendah, dengan jarak terendahnya dari permukaan jalan turun, dari 135 mm, menjadi 126 mm. Jarak sumbu roda lebih panjang 40 mm (sebelumnya 1.195 mm).

Meski bobot motor ini turun menjadi 97 kg (sebelumnya 99 kg), dengan ini Yamaha berharap, Vega yang merupakan salah satu produk andalannya makin menarik bagi mereka yang menginginkan motor yang irit konsumsi bahan bakar atau mampu bersaing dengan kompetitor, seperti Honda (Revo dan terakhir adalah Blade), dan Suzuki (Smash).

Depan - Desain dasar lampu depan masih sama dengan Vega R. Hanya saja, lampu sein dipindakan ke bawah, berada antara tutup depan dan sayap samping. Desain lampu sein termasuk baru. Bagian tengah tutup depan sekarang dibuat sewarna dengan bodi. Sebelumnya, dibedakan berbagai warna. Tutup depan ini dibergi grafis khas Vega ZR.

Tempat yang ditinggalkan oleh lampu sein lampu ditutup dengan "cover setang". Untuk ini, Yamaha harus membuat tutup setang baru karena adanya tambahan bagian untuk menutup bagian yang ditinggalkan lampu sein. Tutup juga sedikit mengalami perubahan karena adanya lampu sein di bawah.

Belakang - Lampu belakang juga diganti. Kini lampu kombinasi belakang, baik rem mapun sein serta penerangan pelat nomor, ditutup dengan mika merah dengan desain multipersegi. Di bawah lampu kombinasi belakang ini, dipasang kunci. Pada Vega R, lampu belakang ditutup dengan mika. Alhasil, desain reflektor di dalamnya terlihat jelas. Perubahan lain adalah posisi jok yang lebih rendah.

Spidometer - Desain panel intrumen juga baru, sekarang dibuat lebih sederhana, hanya dua bulatan. Bulatan besar untuk sepeda motor dan bulatan kecil untuk indiaktor bensin. Adapun indakator posisi gigi N (netral) dan Top ditayangkan dalam dua bulatan. Bulatan spidometer dan indikator bahan bakar menggunakan dasaran putih, sedangkan seluruh panel, instrumen warna dasarnya hitam.

Mesin - Meski dasar mesin yang digunakan sama, namun kapasitas Vega ZR diperbesar menjadi 113,7 cc. Sebelumnya, kapasitas mesin 110,3 cc atau naik 3,4 cc. Hal tersebut dilakukan dengan mengubah diameter dan langkah menjadi 50,0 x 57,9 mm (sebelumnya: 51,0 x 54,0 mm). Tepatnya, langkah mesin Vega ZR lebih panjang, namun diameternya jadi lebih pendek.

Dengan perubahan mesin ini, tenaga mesin menjadi 6,5 kW (8,7 PS) @7.500 dan torsi 8,3Nm (0,85 kgf-m) @4.500 rpm. Dengan cara ini, Yamaha berusaha untuk menjaga konsumsi bahan bakar irit, namun menaikkan torsi dan tarikan. Kondisi ini menjadi usaha Yamaha untuk “head to head” dengan andalan terbaru Honda di kelas yang sama dan baru saja diluncurkan, yaitu “Blade”. Tambahan lain adalah selang antibanjir pada karburator.

Seperti Vega sebelumnya, ZR juga ditawarkan dengan dua versi, CW (cast wheel) dan velg jari-jari.

Cukup menarik, untuk meluncurkan Vega ZR ini, pada 8 Desember lalu di arena Jakarta Motorcycle Show 2008, selubung dibuka oleh pembalap tim MotoGP Fiat-Yamaha, yang meraih predikat “Rookie of the Year” tahun ini, Jorge Lorenzo dari Spanyol.

Apakah Vega ZR juga bisa membuat kejuatan seperti Lorenzo? Ditunggu lho!

Spesifikasi Vega ZR
Mesin
Tipe

4-langkah, 1 silinder,SOHC, pendingin udara

Diameter x Langkah
50.0 x 57,9 mm
Volume silinder
Karburator
Tenaga
Torsi
113.9 CC
Mikuni VM15SH
6,5 kW (8,7 PS)@7.500 rpm
8,3 Nm (0,85 kgf-m)@4.500 rpm
Kopling
Manual, basah, multiplat
Transmisi
4 kecepatan
Sistem starter
Starter listrik dan kaki
Kelistrikan
Baterai
12 V, 5 AH
Busi
NGK/C6HSA/W2OFS-U
Sistem pengapian
DC- CDI
Sasis
Rem depan
Cakram hidraulis/tromol
Rem belakang
Tromol
Ukuran ban depan
70/90-17M 38P
Ukuran ban belakang
80/90-17M 44P
Dimensi
Panjang x lebar x tinggi

1.930 x 675 x 1055 mm

Jarak sumbu roda
1.235 mm
Jarak terendah
126 mm
Berat
97.0 kg

Kapasitas tangki BBM

4.2 liter

No comments: