Tuesday, June 9, 2009

Motor Baru di PRJ dan Nongol di 2009

Tahun depan, tiga produsen motor Jepang di Tanah Air, Suzuki, Yamaha, dan Honda, siap menggelontorkan produk terbarunya. Malah Honda memanfaatkan pergelaran Pekan Raya Jakarta (PRJ) yang dimulai Juni ini untuk memperkenalkan motor barunya. Itu termasuk PT Minerva Motor Indonesia yang menyatakan akan memajang dua model anyarnya.

Honda Vario versi Combi Brake
PT Astra Honda Motor (AHM) dipastikan menyodorkan Honda Vario combi brake tahun ini. Bahkan, pengetesan sudah dilakukan oleh pihak AHM di sirkuit Tipar Cakung milik mereka.

Sinyalemen kuat tertangkap dari Vice President Director PT AHM Johannes Loman yang melihat perkembangan pasar nasional tahun ini, khususnya skubek yang meningkat masuk 35 persen dari total market motor. Kondisi ini yang memacu produsen acap mengembangkan teknologi terbaru pada skubek. Hal itu termasuk melalui combi brake yang, kata Johannes, akan dipelajari penerapannya.

Soal peluncuran, ada yang bilang itu dilakukan saat PRJ. Namun, beberapa jaringan Honda membisikkan saat puasa (Agustus). "Pokoknya sekitar Juli, tapi bisa jadi dipercepat pas PRJ," sebut sumber Em-Plus dari jaringan luar Jawa.

Suzuki Jelly
Melalui Edy Darmawan, 2W Marketing, Promotion Dealer Div, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), bahwa idealnya hal itu baru dilaksanakan tahun depan, ia mengiyakan. Tentu, hal itu melihat kondisi perekonomian yang sedang dilanda krisis. Demikian dikatakan Edy ketika ditanya perihal kehadiran Suzuki Latte dan Jelly yang sudah mejeng di Bangkok Motor Show.

Ya, dua skubek bergaya retro ini memang menyodorkan sesuatu yang baru. Mulai dari lampu depan (LED), setang, spidometer, lampu belakang sampai sein. Secara konsep diboyong langsung dari Jepang, tapi untuk pengembangan dan produksi di kawasan Asia diserahkan ke Thailand.

Soal mesin, Edy juga belum berani memastikan kapasitas CC yang dijejalkan ke Latte dan jelly. Tapi, ia menegaskan kalau skubek ini tetap bakal hadir.

Yamaha
Santer kabarnya, PT Yamaha Motor Kencana Indonesia bakal meluncurkan jenis sport berkapasitas 250 cc. "Memang, ada rencana tahun ini, tepat Juli. Tapi melalui berbagai pertimbangan, diputuskan tahun depan," ujar Dyonisius Beti, Vice President PT YMKI.

Sama seperti Suzuki, pertimbangan Yamaha menunda karena dalam krisis ekonomi. Dengan keadaan seperti ini, lanjut Dyon, konsumen tak perlu diarahkan untuk konsumtif. Selain itu, penundaan ini juga tak ingin mengganggu market Yamaha yang lagi naik 3-4 persen.

Disinggung soal Yamaha Nouvo Elegance 135 atau Yamaha Fino, Dyon menjawab, "Tidak ada. Mungkin hanya sebatas facelift dengan grafis baru."


Minerva GTR dan XCT
Tak mau ketinggalan, PT Minerva Motor Indonesia (MMI) baru saja meluncurkan tiga varian motor sport. Ajang PRJ dimanfaatkan untuk memperkenalkan Minerva GTR 150 berjenis sport dan XCT 125 model skubek. Keduanya asli desain Sachs, Jerman, yang sudah diproduksi empat tahun lalu.

Menurut Ir Kristianto Goenadi, selaku Presdir MMI, GTR 150 mengusung teknologi yang sangat cocok untuk banyak orang. Tampilannya mengingatkan pada Italjet Dragster yang desainnya racing scooter.

No comments: