Wednesday, July 2, 2008

New Mio Enak Diajak Manuver

Kehadiran Honda Beat membuat PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) tak ingin pasar skubek yang jadi jagoan mereka digoyang. Sekalipun kompetitor membanderol skubeknya dengan harga terjangkau, Yamaha menembakkan peluru balasan ke pasaran melalui New Mio dengan harga Rp 11 juta, lebih murah dari BeAT.

Kebetulan MOTOR Plus bisa lebih dulu merasakan performa Mio baru, sebelum di launching di stan Yamaha di PRJ, 29 Juni lalu. Namanya First Ride, tentu jalur pengetesan jauh dari maksimal dengan mengambil rute di DDS Yamaha Jakarta, Cempaka Putih (Jakarta Pusat) selama 20 menit. Karena kawasan tes hanya di area parkir, seperti manuver ekstrem dan kecepatan maksimal tak bisa di capai.

Sekalipun area pengetesan pendek, tapi handlingnya bisa dirasakan. Skubek ini enak diajak manuver lantaran bodi lebih ringan dan tampak ramping. Dan kalau melesat dengan kecepatan tinggi, mungkin nggak banyak yang tahu kalau itu Mio baru.

Sebab, dari generasi sebelumnya nggak banyak perubahan. Lampu sein kiri dan kanan didesain lebih tipis hingga mendekati Honda BeAT.Nggak belo dan runcing seperti Mio lama. Juga panel instrumen spidometer yang dirancang lebih fancy, tapi tetap dengan ujung dek lebih besar. Ya, mirip Mio Soul.

Bahkan ada bagian yang sepenuhnya mengadopsi dari Mio Soul. Seperti konsul boks dan footstep boncenger didesain lebih pas seperti halnya Mio Soul. Termasuk ketinggian ujung knalpot diubah untuk menghindari genangan air saat melibas banjir.

Keistimewaan lain dari Mio baru yang dibanderol Rp 11.185.000 (pelek jari-jari) dan Rp 11.885.000 (pelek palang) ini, starternya halus dan noise lumayan kecil. Ini berkat ada perbaikan sistem one way clutch atau kopling starter.

Hebatnya, para mekanik diberi kemudahan melakukan perawatan CVT. Pada tutupnya dikasih lubang sebesar 310 mm atau sekitar 3,1 cm. Diharapkan mekanik tidak malas lagi melakukan pengecekan. Juga guna menghindari kerusakan pada cover CVT akibat kerap bongkar-pasang.


Data Spesifikasi
Panjang x lebar x tinggi : 1.820 x 675 x 1.050 mm
Tinggi jok : 745 mm
Jarak sumbu roda : 1.240 mm
Ground clearence : 130 m
Berat kosong : 85 kg
Tipe mesin : Pendingin udara, 4-tak SOHC
Volume silinder : 113,7 cc
Diameter x stroke : 50 mm x 57,9 mm
Rasio kompresi : 8,8 : 1
Tenaga maksimum : 8,9 PS/8.000 rpm
Torsi maksimum : 8,88 kg.m/6.500 rpm
Kontrol emisi : AIS
Starter : Elektrik & kick
Oli mesin : 0,9 liter

No comments: