Thursday, July 31, 2008

Yamaha Mio Teratas sampai Semester I

Persaingan Honda dan Yamaha di pangsa pasar roda dua kian ketat. Meski peluang untuk menyalip tipis, PT Yamaha Motor kencana Indonesia (YMKI) selaku agen tunggal Yamaha yakin bisa memenuhi targetnya. Malah, sampai semester satu, motor berlambang garputala ini membayangi kompetitornya dengan selisih sekitar satu persen dari total market. Bahkan, Yamaha memprediksi, Agustus ini penjualan mereka bakal naik.

Keyakinan penjualan Yamaha akan meningkat disampaikan Bambang Asmarabudi, GM Senior Marketing, Promosi & Motorsport YMKI, saat mendampingi pembalap nasional Indonesia yang dikontrak YMKI, Doni Tata Pradita, di Hotel Mahakam, Jakarta Selatan, Selasa (29/7). Bambang malah mengatakan, Agustus nanti penjualan Yamaha bakal naik sekitar lima persen atau 11.000 unit dari total 220.000 unit bulan ini. “Total market kami yang tadinya 20 persen, tahun ini mudah-mudahan bisa mencapai sekitar 40 persen,” tutur Bambang.

Bahkan, Yamaha Mio, lanjut Bambang, masih inden. “Saya heran, biasanya bila ada produk baru dari kompetitor seharusnya penjualan Mio ciut. Ini tidak, Mio malah meningkat, berarti pasarnya berkembang,” kata Bambang. Ia menyebutkan, dari seluruh produk Yamaha, Mio menduduki urutan teratas, bahkan memimpin di pasar skuter bebek (skubek) dengan menguasai 48 persen, lalu diikuti Jupiter dan Vision.

Sampai semester pertama, jumlah motor yang terjual lebih dari 3 juta unit, dan Yamaha menyedot sekitar 39,9 persen. Dan untuk melampaui target, Bambang mengatakan, YMKI tidak akan meningkatkan kapasitas produksi. Ia yakin, bila total market bisa melampaui 6 juta unit, Yamaha dapat menembus targetnya. Cara untuk meningkatkan penjualan, “Kita harus mencari alternatif yang tidak bisa ditiru. Ya, dengan membawa Doni Tata Pradita menuju jenjang prestasi tingkat dunia,” kata Bambang.

No comments: