Wednesday, February 4, 2009

Raga Suzuki Gladius Merasuk Macan

Idealisme bisa saja luntur manakala ingin menghasilkan suatu karya. Inilah yang ditunjukkan Topo Goedel Atmojo dari Tauco Custom (TC). Ia butuh setahun melakukan perenungan, selain merontokkan idealismenya, lebih utama menghasilkan karya yang cerdas.

Melalui tampilan Honda Tiger 2008 dari Jayapura inilah bukti jati dirinya sudah berubah. Modifikasi yang dilakoninya meniru model Suzuki Gladius dengan aksen kental membulat, yang baginya merupakan hal baru.

Ciri itu tampak mulai dari tangki bahan bakar sampai bodi belakang. Menurut Topo, mengetuk pelat membulat lebih susah, tetapi itulah tantangannya. Tak ada yang tersisa dari Gladius menempel pada Tiger.

Dimulai dari desain jok sampai pemasangan pipa layaknya deltabox di bawah tangki, tetapi beda fungsi. "Di sini hanya sekadar pemanis, sedangkan pada Gladius sebagai rangka utama," bilang Topo dari bengkelnya di Jl Kebagusan Raya No 99, Jakarta Selatan, yang mengaku menggunakan pipa ukuran 3/4 inci.

Perhatian utama difokuskan pada lampu depan juga bisa diaplikasi Topo. "Tapi ini hanya lampu variasi dari Thailand. Ini barang langka, tetapi saya punya stok tiga," bangga Topo.

Selain depan, lampu belakang dibuat sama persis. Di sini, Topo mencomot dari Bajaj XCD 125 yang menurut seniman para TC bentuknya sangat pas dan serasi dengan tema ubahan. Sayangnya, lampu belakang tanpa dilengkapi sein.

No comments: