Wednesday, February 4, 2009

Komponen Substitusi untuk Bajaj Pulsar

Beli motor Bajaj Pulsar, baik tipe 180 DTSi maupun 200 DTSi, enggak usah pusing mikirin suku cadang (spare part). Dari bentuknya yang mirip model sport dari Honda, ternyata beberapa komponen bisa dipakai. "Memang, beberapa bagian sudah dicoba di Pulsar dan cocok. Bahkan ada yang memberi efek positif karena performa motor malah menjadi baik," bilang Amurullah, Supervisor Teknik Fontana Perkasa Motor, dealer Bajaj di Jakarta Barat.

Malah di luar komponen Honda, ada juga dari merek lain bisa diaplikasikan. Inilah komponen tersebut.

Kampas rem belakang
Kalau sudah habis dan suku cadang asli belum tersedia, bisa dijejali punya Honda Vario.

Gir set
Bisa pakai Honda GL Pro buat jaga-jaga kalau stok Pulsar kosong. Tidak punya pengaruh apa-apa.

Seal master rem
Seandainya ada masalah pada master rem, terutama menyangkut sealnya, bisa dipakai di luar produk Honda, yakni Yamaha Force 1. Bentuk dan desainnya setali tiga uang.

Karburator
Komponen ini sangat memengaruhi performa. Para komunitas Pulsarian sudah meraciknya, "Tarikan lebih sip. Mungkin karena ukuran karburatornya juga lebih besar," papar dr Ahwan, pengguna Pulsar di Lubang Buaya, Jakarta Timur.
Caranya, cukup mengganti main-jet dengan punya Yamaha Scorpio. "Kita yang sudah pakai tarikan lebih berisi," tegas Amri lagi.

Pelat dan per kopling
Selain jeroan karburator, dari Yamaha Scorpio bisa diaplikasi pelat kopling. terbukti, seperti diakui Amri, akselerasi jauh lebih bagus setelah mengganti punya Scorpio. Hanya, disarankan ketika penggantian pelat kopling juga dibarengi dengan per. Untuk komponen satu ini, ia menganjurkan punya Suzuki Satria F-150.

Batang pengungkit As Stut
Menghindari dari tangan cepat pegal menahan tuas kopling saat kemacetan, ada baiknya coba ganti batang pengungkit as stut kopling dengan punya Yamaha Force 1. Dijamin jemari tangan bakal lebih nyaman.

No comments: