Monday, August 10, 2009

Suzuki Satria Berwajah Italia

Sangar! itulah kata yang tepat diberikan pada Suzuki Satria F-150 ini. Bayangkan, Topo Goedhel Atmodjo dari Tauco Custom (TC), begitu berani mengubah bentuk dari bebek menjadi model sport dengan pemakaian bodi part yang minim. "Dengan bodi part yang sedikit pun bisa memperlihatkan kemampuan bermain detail," ujar Topo.

Seperti pemakaian rangka tubular dari pipa besi, misalnya. Biasanya, pada bagian tengah dibiarkan kosong, tapi oleh Topo ditutup pakai pelat segitiga. Bukan pekerjaan mudah lantaran penutupannya harus presisi mengingat setiap bidang mempunyai kontur. Ternyata, Topo melakukannya dengan sempurna.

Kemudian, coba perhatikan ke cover lampu utama. Di sini Topo terinspirasi dari Aprilia Mana. "Hanya bentuk lampu dipilih tirus. Beda sama Mana yang bulat," papar sang builder.

Beberapa komponen Aprilia juga menempel pada Suzuki. Seperti lengan ayun (swing arm) dan garpu depan model upside down diambil dari Aprilia Diablo. Sampai pelek pun dari motor Italia itu.

Ide liar Topo diperlihatkan pada desain knalpot. Bentuk diluar kelaziman, yakni persegi enam dan ujungnya supertrap. Jadi menarik, karena dipasang semacam cover di bagian luarnya.

"Cover itu menguatkan kalau TC sekarang lebih memperhatikan detail di setiap motor konsumennya," sebut Topo.

No comments: