Wednesday, May 7, 2008

Kawasaki Ninja ZX250R - 5 Speed ? Ndak Masalah !!!

Penggantian Girbox bukan berarti Cost Down

Kawasaki Ninja ZX250R yang akan beredar di tanah air dikabarkan mengalami “down grade” dengan mengganti girbox 6 speed menjadi 5 speed. Meskipun demikian jika hal itu dianggap sebagai usaha KMI melakukan cost down tidak sepenuhnya benar. Karena penggunaan girbox 5 speed sendiri memiliki berbagai keuntungan terutama bagi sepeda motor yang dipergunakan di Indonesia.

Keuntungan Girbox 5 speed dibanding 6 speed

Meski girbox 5 speed mutlak lebih inferior dinbanding girbox 6 speed dalam penggunaan di track alias sirkuit tidak demikian dengan penggunaan harian. Terlebih hampir seluruh “bakal” konsumen Kawasaki Ninja ZX 250r akan menggunakan motor tersebut sebagai kendaraan harian, bukan untuk penggunaan sirkuit. Karenanya tidak heran KMI menggunan girboks 5 percepatan dibanding girboks 6 speed. berikut merupakan keunggulan girbox 5 speed dibanding 6 speed untuk penggunaan di kota besar seperti Jakarta.

  • Rasio Panjang : Girbox 5 speed artinya memiliki rasio yang panjang. Sehingga pengendara tidak perlu terlalu sering memindahan perseneling. Hal ini menguntungkan terutama saat digunakan pada saat berada di kawasan padat, yang mengharuskan motor melaju pada kecepatan yang relatif naik-turun diwaktu yang dekat.
  • Biasanya” penggantian girbox juga disertain sedikit “tuning” pada mesin. Kebanyakan hasilnya adalah motor memiliki torsi besar diputaran menengah. Meski membuat motor meski memiliki peak power lebih rendah namun mamu berakselerasi lebih cepat di putaran menengah.
  • Pada kapasitas 250cc kadang gigi 6 jarang terpakai. Dalam pemakaian dalam kota bisa dibilang gigi 6 hampir tidak pernah terpakai. Namun dengan rasio pendek mengharuskan pengendara lebih sering melakukan perpindahan perseneling yang berujung pada keletihan. Karenanya disamping dianggap mubazir penggunaan girbox 5 percepatan bisa meminimalisir keletihan pengendara.

Untuk Pemakaian Sirkuit Lain Lagi Ceritanya

Tetapi jika pembelian Kawasaki Ninja ZX 250R ini ditujukan untuk penggunaan di sirkuit, memang untuk memaksimalkan performanya salah satu caranya adalah mengganti girboks 5 speed menjadi 6 speed dan melakukan penggantian knalpot standar. Sepertinya hal inipun dapat dengan mudah dilakukan mengingat parts aftermarket Kawasaki tidak sulit untuk ditemukan di pasar.

No comments: