Wednesday, May 7, 2008

UPDATE : Kawasaki Ninja ZX 250R adalah 6 Speed

Beberapa rekan sempat menyanyakan perihal Ninja 250R yang katanya cuma mengadopsi 5 speed transmisi. Awal mendengarnya saya cukup terkejut dan berfikir dalam hati apa benar KMI mengeluarkan versi Speck Down N250R untuk pasar Indonesia. Terlebih lagi sepanjang saya membaca review review mengenai N250R di berbagai media Online, tidak pernah satupun situs yang menyebutkan ada versi 5 speed dari Ninja 250R. ternyata Biang keladi dari Rumors ini adalah Kesalahan interpretasi pembaca Tabloid OTOMOTIF yang mengulas Test Ride Ninja 250R Pada Halaman 27 Edisi 52/XVII. Berikut saya coba tuliskan sepenggal artikel penyebab rumors ini :

.…Bejek terus hingga peak rpm di angka 10.000 rpm. Melepas Gigi ke-2 torsi berangsur berkurang dan entakan sama sekali tak terasa. Mungkin Racikan gigi Rasio transmisi yang berat (perbandingan kecil-kecil) bisa jadi penyebab. Geber terus hingga gigi ke -5 (terakhir). Hampir tak ada perbedaan alias minim entakan.

nah kata: (terakhir) yang diketik jurnalis Otomotif ini yang menjadi penyebab salah interpretasi ini. Pembaca mengira Gear Ninja 250R hanya sampai 5. Padahal maksud Kata “terakhir” disana adalah gear maksimum yang bisa si tester gunakan karena keterbatasan jarak, maklum tes jalan raya, di Jakarta Pulak. Padahal kalau pembaca jeli disana ada kalimat: (perbandingan kecil-kecil) yang bila diartikan berarti terdapat banyak tingkatan gear transmisi cmiiw. Saya sampai menelefon langsung salah satu dealer Kawasaki untuk memastikan bahwa produk Ninja 250R yang di jual di Indonesia memiliki 6 transmisi kecepatan. Walaupun begitu ilmu saya jadi bertambah karena menurut Bro retorika of INDOBIKER- dalam salah satu artikelnya- untuk pemakaian city ride, 5 transmisi lebih sesuai dibandingkan 6 transmisi. Demikian mudah-mudahan atrikel ini menjawab keraguan mengenai jumlah transmisi Ninja 250R

No comments: