Sunday, September 14, 2008

OXO Transformer, Bebas Polusi dan Mudah Parkir

Mobil listrik menjadi magnet raksasa bagi perancang mobil masa kini. Terutama mereka yang berpikiran futuristik. Dalam lomba rancang merancang mobil, mereka menuju satu arah yang sama” mobil listrik. Itulah yang diperlihatkan para finalis Peugeot Design Contest 2008 yang diadakan Peugeot bulan lalu di Prancis.

Dengan menggunakan tenaga listrik, para perancang mampu berkreasi dengan bebas. Mengeksploitasi seluruh kemampuannya untuk melahirkan karya terbaik, tidak hanya untuk diri sang perancang, juga bagi kehidupan manusia di masa yang akan datang.

Masalah Sama
Masalah yang dihadapi manusia moderen, terutama yang hidup di kota-kota besar temanya sama. Yaitu, lalu lintas yang makin macet karena jumlah kendaraan terus bertambah, semakin sulit mendapatkan lahan parkir, polusi dan tentu saja harga bahan bakar fosil yang tidak pasti. Tiba-tiba mahal sehingga memusingkan semua orang.

Latar belakang di atas itulah yang membuat Lou Ke dari China yang menggikuti Peugeot Design Contest ke-5 dan menydorkan kendaraan unik yang diberinya nama “OXO”. Hebatnya, OXO mampu bertransformasi, dari dimenis lebih jadi menciut atau ramping.

“Dirancang seperti ini agar mudah mendapatkan tempat parkir atau juga menyusuri jalanan yang sempit. Dimensinya bisa mengecil,” jelas lou tentang karyanya. Ditambahkan, ia tak pedulu kapan karyana ini akan diujudkan para industriawan.

“Apakah pada 20?" "30?" or "90?". Karena bentuk kendaraan ini lebih mirip “OXO” saya beri nama OXO. Sebuah mobil listrik,” jelas Lou dalam pengantar karyanya ini.

Jalan Menyamping
Mobil ini mirip sekali dengan mainan. Warnanya pun bernuansa muda. Namun yang pasti, naif dan bebas. “Anda bisa mengemudikan mobil ini tanpa harus belajar dulu,” lanjut Lou.

Dikatakannnya, mengemudikan mobil ini lebih mudah ketimbang main balap di komputer atau play station. Dengan bantuan telepon “Puegeot”, mobil ini bisa dikendalikan atau jalan sendiri. Sistem “X” menghemat ruang untuk parkir dan ketika melewati jalan sempit atau yang banyak keramaiannya. Kalau di tanah air, bisa jadi biasanya dekat pasar yang sebagian jalan telah direbut pedagangan kaki lima dan angkutan umum yang berhenti sesukanya.

Dengan motor listrik langsung dipasang di roda, mobil yang dilengkapi dengan kap ini bisa bergerak menyamping. Hal tersebut bisa dilakukan karena keempat rodanya, di samping berputar sesuai dengan arah putarannya, posisinya bisa berubah berdasarkan gerakan harisontal. Hasilnya, kalau di depan macet, mobil digeser ke samping. Dan tentu saja sangat membantu untuk parkir.

“Dengan teman yang gesit dan cerdik ini, anda dapat menjalani kehidupan masa depajn yang lebih baik,” komentar Lou tentang fitur karyanya.

Karya unik ini akhirnya diganjar dewan juri sebagai pemenang ke-3. Berarti, karya yang diakui inovatif. Bagi kita, di tengah kepusingan sebagian besar manusia menghadapi kondisi lalu lintas terkini, para perancang diam-diam berpikir mencari solusinya.

No comments: